Pedro4d – Dalam satu dekade terakhir, dunia anime dan game telah mengalami perubahan dramatis, menciptakan gelombang inovasi yang mempengaruhi seluruh industri hiburan. Evolusi genre dalam anime dan game tidak hanya menciptakan variasi baru, tetapi juga merespon perubahan selera dan ekspektasi penggemar. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pergeseran signifikan dalam genre anime dan game yang telah terjadi selama dekade terakhir.

Anime:

1. Isekai Boom

Dalam beberapa tahun terakhir, genre isekai (dunia lain) telah menjadi fenomena besar di dunia anime. Karakter yang terjebak atau dipanggil ke dunia paralel telah menjadi premis populer, dengan seri seperti “Re:Zero,” “Sword Art Online,” dan “That Time I Got Reincarnated as a Slime” meraih kesuksesan besar.

2. Slice of Life yang Menyentuh

Anime dengan genre “slice of life” yang mengeksplorasi kehidupan sehari-hari karakter tanpa elemen fantasi yang berlebihan telah mendapatkan popularitas yang signifikan. Seri seperti “March Comes in Like a Lion” dan “A Silent Voice” menonjol dengan narasi yang mendalam dan karakter yang kompleks.

3. Penggabungan Genre

Berkembangnya tren untuk menggabungkan genre telah menghasilkan karya-karya yang unik dan inovatif. Misalnya, anime “Attack on Titan” menggabungkan elemen aksi, drama, dan fantasi, menciptakan pengalaman yang tak terduga bagi para penonton.

Game:

1. Open-World dan Sandbox

Game open-world dan sandbox telah menjadi pilar utama dalam industri game. Seri seperti “The Legend of Zelda: Breath of the Wild” dan “The Witcher 3: Wild Hunt” menetapkan standar tinggi dalam eksplorasi dunia yang terbuka, memungkinkan pemain untuk merasakan kebebasan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

2. Renaissance RPG

Genre RPG mengalami kebangkitan besar, dengan fokus pada narasi yang mendalam dan karakter yang terasa hidup. Game seperti “Persona 5” dan “The Elder Scrolls V: Skyrim” menunjukkan bagaimana RPG dapat menarik pemain dengan alur cerita yang kompleks dan pilihan yang memengaruhi dunia dalam game.

3. Game Battle Royale

Fenomena “battle royale” melalui game seperti “Fortnite” dan “PlayerUnknown’s Battlegrounds” mengubah lanskap game online. Pemain dihadapkan pada tantangan bertahan hidup dalam pertempuran hingga mati di dunia yang terus menyusut.

Kesamaan Dalam Kedua Industri:

1. Adaptasi dan Remake

Baik dalam anime maupun game, tren untuk mengadaptasi dan meremake karya lama telah berkembang. Serial anime klasik seperti “Neon Genesis Evangelion” dan game seperti “Final Fantasy VII” mengalami remake, memperkenalkan kisah yang akrab dengan sentuhan visual dan teknologi terkini.

2. Pengaruh Budaya Populer

Kedua industri ini semakin dipengaruhi oleh budaya populer. Kolaborasi antara anime dan game, serta kemunculan anime berdasarkan game populer atau sebaliknya, semakin sering terjadi, menciptakan pengalaman yang menyeluruh bagi para penggemar keduanya.

Kesimpulan:

Dekade terakhir telah menjadi periode yang menarik bagi evolusi genre dalam anime dan game. Tren baru dan pergeseran dalam selera penggemar menciptakan ruang untuk inovasi dan kreativitas yang lebih besar. Dengan pengaruh yang saling memengaruhi antara kedua industri ini, kita dapat mengharapkan lebih banyak perkembangan menarik yang akan membentuk wajah anime dan game pada masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *